Fitur Instagram Reels Resmi Hadir di Indonesia

KATAIND – Instagram secara resmi menghadirkan Reels di Indonesia, sebuah fitur yang memberikan pengalaman bagi pengguna dalam membuat, membagikan, serta mengedit video berdurasi pendek yang dilengkapi dengan audio dan musik.

Reels mulai diluncurkan hari ini, dan akan mulai tersedia kepada seluruh pengguna di Indonesia dalam beberapa hari ke depan.

“Instagram selalu berupaya untuk mendengarkan aspirasi para kreator dan penggunanya. Berangkat dari sini, kami banyak mendengar bahwa mereka menginginkan sebuah pengalaman membuat dan menonton video berdurasi pendek yang menghibur,” ujar Country Director untuk Facebook di Indonesia Pieter Lydian, dalam keterangannya, Rabu.

Pieter mengaku senang Reels dapat dibawa ke Indonesia. Reels, kata dia, adalah bagian besar dari masa depan konten hiburan di Instagram.

Menurut dia, keberadaan fitur yang diperkenalkan secara global pada November 2019 lalu itu dapat mendorong kreativitas pengguna dan membantu mereka menjangkau audiens baru di skala global.

Reels merupakan fitur video singkat dari Instagram, serupa dengan TikTok, dengan durasi hingga 30 detik.

Bersama dengan Reels, pengguna dapat menemukan, menonton, dan terhubung dengan lebih dari 1 miliar pengguna Instagram secara global melalui sebuah bagian khusus di Explore.

Reels dinilai dapat membantu pengguna serta kreator-kreator muda untuk menjangkau audiens baru di panggung internasional.

Konten Reels juga dapat ditemukan di halaman Explore dan dapat dibagikan melalui berbagai fitur seperti Feed, Stories, Close Friends, maupun dikirimkan secara privat melalui DM.

Reels menawarkan berbagai fitur untuk menciptakan video kreatif, di antaranya fitur Remix yang memudahkan pengguna untuk membuat video Reel versi mereka sendiri dan menyatukannya dengan Reel yang sudah ada.

Lalu fitur Voiceover yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan suara mereka ke dalam Reels, dan Mixed Audio (Padukan Suara) yang memungkinkan pengguna menambahkan suara disertai lagu latar belakang.

Terdapat pula fitur Efek AR yang membantu mempercantik konten Reels pengguna. Pengguna dapat memilih untuk menggunakan filter dari Instagram atau mencari filter favorit mereka di “Cari Efek”, kemudian menggunakannya untuk membuat konten Reels yang lebih menarik bagi audiens mereka.

Instagram juga memperpanjang durasi Reels hingga 30 detik, menambahkan pengaturan timer hingga 10 detik, dan memperkenalkan kemampuan untuk memotong atau mengedit klip video

Pengguna Reels juga dapat menggunakan pengaturan akun privat dan Close Friends sehingga keamanan dan privasi tetap terjaga.

“Kami memberikan banyak cara dan pilihan bagi pengguna Indonesia dalam mengekspresikan diri, mencari hiburan, dan terhubung dengan apa yang mereka sukai,” ujar Pieter.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *